Jumat, 10 Mei 2013



Seperti pada umumnya semua pembersih atau sabun digunakan untuk membersihkan bagian yang kotor. Begitu pula  dengan pembersih porselen yang berfungsi untuk membersihkan porselen dalam hal ini lantai kamar mandi. Pembersih porselen ini agak berbeda dengan pembersih lantai biasa, karena pembersih ini digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi atau lantai yang biasanya terkena sabun dan basah.Lantai seperti ini biasanya akan timbul kerak dan atau tumbuh semacam alga atau jamur yang membuat lantai tersebut terlihat kusam dan licin. Terlebih lagi jika lantai tersebut jarang dibesihkan dan dibiarkan dalam keadaan  kering dalam waktu lama, maka akan timbul kerak yang sangat sulit dibersihkan. Untuk itu diperlukan cairan pembersih yang ampuh membersihkan kerak dan alga tersebut, pembersih porselen harus mengandung bahan aktiv yang berupa asam yang dapat menghilangkan  kotoran tersebut. Larutan asam pekat diencerkan dengan perbandingan tertentu dan ditambahkan pelembut serta pewangi. Daya bersih larutan pembersih tergantung dari kandungan larutan asamnya. Semakin tinggi kandungan asamnya, maka daya bersihnya akan semakin  baik dan biasanya harganya semakin mahal.

Fungsi Bahan :
  • HCL (Asam Klorida) merupakan senyawa yang termasuk dalam asam kuat yang berfungsi sebagai agen pembersih terhadap jamur atau kerak pada porselen.
  • Oxalic Acid merupakan senyawa asam kuat yang berfungsi sebagai pemutih sekaligus pembersih pada porselen
  • Aquadest berfungsi sebagai pendispersi agar HCL dan Oxalic Acid dapat tercampur rata.
  • Pewarna dan Pewangi berfungsi sebagai meningatkan kualitas dari segi visual agar lebih menarik.

Pembuatan pembersih porselen harus dilakukan di wadah yang terbuat dari kaca atau plastik, dan peralatan yang digunakan harus bebas dari unsur logam, karena pembersih porselen merupakan pembersih yang termasuk dalam kategori asam kuat yang dapat bereaksi dengan adanya logam.


1 komentar:

  1. artikelnya menarik, terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat untuk para pembaca, thanks for sharing , nice post

    ST3 Telkom

    BalasHapus