Senin, 06 Mei 2013


Sorbitol atau D-Sorbitol atau D-Glucitol atau D-Sorbite adalah monosakarida poliol (1,2,3,4,5,6–Hexanehexol) dengan rumus kimia C6H14O6.Sorbitol adalah gula alkohol yang mudah larut dalam air. Sorbitol juga dikenali glucitol, adalah sejenis alkohol gula dimana badan manusia boleh memetabolismakannya secara perlahan.Sorbitol berupa senyawa yang berbentuk granul atau kristal dan berwarna putih dengan titik leleh berkisar antara 89° sampai dengan 101°C, higroskopis dan berasa manis. Sorbitol memiliki tingkat kemanisan relatif sama dengan 0,5 sampai dengan 0,7 kali tingkat kemanisan sukrosa dengan nilai kalori sebesar 2,6 kkal/g atau setara dengan 10,87 kJ/g.Sorbitol atau D-Sorbitol atau D-Glucitol atau D-Sorbite adalah monosakarida poliol (1,2,3,4,5,6–Hexanehexol) dengan rumus kimia C6H14O6.Sorbitol adalah gula alkohol yang mudah larut dalam air. Sorbitol juga dikenali glucitol, adalah sejenis alkohol gula dimana badan manusia boleh memetabolismakannya secara perlahan.Sorbitol berupa senyawa yang berbentuk granul atau kristal dan berwarna putih dengan titik leleh berkisar antara 89° sampai dengan 101°C, higroskopis dan berasa manis. Sorbitol memiliki tingkat kemanisan relatif sama dengan 0,5 sampai dengan 0,7 kali tingkat kemanisan sukrosa dengan nilai kalori sebesar 2,6 kkal/g atau setara dengan 10,87 kJ/g.Sorbitol atau D-Sorbitol atau D-Glucitol atau D-Sorbite adalah monosakarida poliol (1,2,3,4,5,6–Hexanehexol) dengan rumus kimia C6H14O6.Sorbitol adalah gula alkohol yang mudah larut dalam air.
Sorbitol juga dikenali glucitol, adalah sejenis alkohol gula dimana badan manusia boleh memetabolismakannya secara perlahan.Sorbitol berupa senyawa yang berbentuk granul atau kristal dan berwarna putih dengan titik leleh berkisar antara 89° sampai dengan 101°C, higroskopis dan berasa manis. Sorbitol memiliki tingkat kemanisan relatif sama dengan 0,5 sampai dengan 0,7 kali tingkat kemanisan sukrosa dengan nilai kalori sebesar 2,6 kkal/g atau setara dengan 10,87 kJ/g.

Manfaat dari sorbitol itu sendiri adalah :

BIDANG
KEGUNAAN
Farmasi / Makanan / Minuman
- Produksi Ascorbit Acid (vitamin C)
- Pemberi rasa manis
- Stabilisator kelembaban
- Pembentuk sirup dan menjaga
kerusakan gigi
-Dietary dan pengganti sucrose pada
diabetiser
- Membantu metabolisme
Pasta gigi / Kosmetik
- Stabilisator kelembaban
- Penyegar
- Non toxic
- Memperlambat terbentuknya cariesgigi
Rokok / Tembakau
- Stabilisator kelembaban
- Penambah aroma dan rasa sejuk
Kulit / kertas / cat khusus / textile / semir sepatu
kelembaban
- Bahan pelunak dan tahan panas
- Antistatic agent (textile)

Proses pembuatan sorbitol ini meliputi empat tahap, yaitu:
  • Tahap pertama tepung singkong mengalami proses dekstrinasi yaitu proses perubahan tepung singkong menjadi dekstrin pada suhu 95oC dan tekanan 1 atm selama 3 jam.
  • Tahap kedua adalah proses sakarifikasi yaitu proses perubahan dekstrin menjadi dektrosa pada suhu 60oC dan tekanan 1 atm selama 48 jam .
  • Tahap ketiga adalah proses hidrogenasi yang berlangsung selama 1 jam dengan penambahan H2 dan katalis Raney Nikel pada kondisi operasi 135-205oC dan tekanan 100-140 atm untuk mendapatkan produk utama sorbitol.
  • Tahap yang terakhir yaitu karbonisasi untuk menyerap warna yang ditimbulkan selama proses.

  Sumber : 


0 komentar:

Posting Komentar