Jumat, 31 Maret 2017

BIOFUEL

Krisis energi merupakan isu dunia yang terus digulirkan akhir-akhir ini, ketidakseimbangan antara laju produksi dan kebutuhan yang didorong laju pertambahan penduduk menyebabkan harga energi pun semakin tinggi. Hal tersebut tentunya juga menguras cadangan energi dunia yang semakin lama semakin berkurang. Di Indonesia, menurut kementrian ESDM, Cadangan minyak bumi terbukti saat ini diperkirakan 9 milyar barel, dengan tingkat produksi rata-rata 0,5 milyar barel per tahun. Diperkirakan cadangan minyak akan habis dalam waktu 18 tahun. Cadangan gas diperkirakan 170 TSCF (trilion standart cubicfeed) sedangkan kapasitas produksi mencapai 8,35 BSCF (billion standartcubic feed). Cadangan batubara diperkirakan 57 miliar ton dengan kapasitas produksi 131,72 juta ton per tahun.
Oleh sebab itu sewajarnya jika kita sebagai mahasiswa Teknik Kimia mencari bahan bakar alternatif.  Salah satunya adalah bahan bakar yang dihasilkan dari tanaman atau hewan yang dikenal dengan biofuel (Baharta,2007). Biofuel adalah setiap bahan bakar baik padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Berikut merupakan beberapa contoh biofuel :
1.      Biodiesel merupakan salah satu jenis biofuel (bahan bakar cair dari pengolahan tumbuhan). Minyak nabati sebagai sumber utama biodiesel dapat dipenuhi oleh berbagai macam jenis tumbuhantergantung pada sumberdaya utama yang banyak terdapat di suatu tempat / negara. Indonesiamempunyai banyak sumber daya untuk bahan baku biodiesel.
2.      Bioalkohol
Bioetanol (bioethanol) merupakan etanol (etil alkohol) yang proses produksinya menggunakan bahan baku alami dan proses biologis, berbeda dengan etanol sintetik yang diperoleh dari sintesis kimiawi senyawa hidrokarbon. Etanol yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan memiliki struktur kimia yang persis sama dengan etanol yang ditemukan pada minuman keras. Etanol yang digunakan untuk bahan bakar disebut dengan Fuel Grade Ethanol (FGE) dengan tingkat kemurnian 99.5%
3.      Minyak sayur
Minyak sayur dapat digunakan sebagai makanan atau bahan bakar; kualitas dari minyak dapat lebih rendah untuk kegunaan bahan bakar. Minyak sayur dapat digunakan dalam mesin diesel yang tua (yang dilengkapi dengan sistem injeksi tidak langsung, tetapi hanya dalam iklim yang hangat. Dalam banyak kasus, minyak sayur dapat digunakan untuk memproduksi biodiesel, yang dapat digunakan kebanyakan mesin diesel bila dicampur dengan bahan bakar diesel konvensional
4.      BIOGAS
Biogas diproduksi dengna proses digesti anaerobik dari bahan organik oleh anaerobe. Biogas dapat diproduksi melalui bahan sisa yang dapat terurai atau menggunakan tanaman energi yang dimasukan ke dalam pencerna anaerobik untuk menambah gas yang dihasilkan. Hasil sampingan, digestate, dapat digunakan sebagai bahan bakar bio atau pupuk.
Biogas mengandung methane dan dapat diperoleh dari digester anaerobik industri dan sistem pengelolaan biologi mekanik. Gas sampah adalah sejenis biogas yang tidak bersih yang diproduksi dalam tumpukan sampah melalui digesti anaerobik yang terjadi secara alami. Bila gas ini lepas ke atmosfer, gas ini merupakan gas rumah kaca.

5.      GREEN DIESEL
Green diesel merupakan cairan menyerupai bahan bakar solar yang sangat bersih, yang dihasilkan melalui kombinasi antara gasifikasi biomasa (GB) dan sintesis Fischer-Tropsch (FT). Pada proses ini biomasa digasifikasi untuk menghasilkan gas atau biosyngas yang kaya akan H2dan CO. Setelah pembersihan, biosyngas bisa digunakan sebagai gas umpan pada reaktor sistesis FT dimana H2 dan CO dirubah menjadi hidrokarbon rantai panjang yang kemudian dirubah menjadi green diesel pada proses berikutnya.
6.      SYNGAS
Syngas gihasilkan oleh kombinasi proses pyrolysis, kombusi, dan gasifikas. Bahan bakar bio dikonversi menjadi karbon monoksida dan energi melalui pyrolisis. Masukan oksigen terbatas diberikan untuk mendukung kombusi. Grasifikasi mengubah materi organik menjadi hidrogen dan karbon.

Jadi, untuk mencegah terjadinya kelangkaan minyak bumi dan gas alam, kita diharapkan untuk menggunakan bahan bakar alternatif, salah satunya adalah biofuel, sehingga dapat menghemat penggunaan minyak bumi dan cadangan gas alam. Semoga artikel ini dapat dapar bermanfaat J

#YesWeCan
 

0 komentar:

Posting Komentar