Selasa, 01 Agustus 2017


Hai sobat Teknik Kimia!! Kembali lagi bersama seputar Teknik Kimia yang membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Teknik Kimia. Kali ini kita akan membahas tentang Piezoelektrik. Apa Itu Piezoelektrik? Piezoelektrik adalah muatan listrik yang terakumulasi dalam suatu bahan (keramik dan kristal) yang diakibatkan oleh tekanan (mechanical pressure).
Sifat efek piezoelektrik berkaitan dengan terjadinya momen dipol listrik pada suatu padatan. Efek tersebut juga dapat dipicu oleh ion di situs kisi kristal dengan lingkungan yang “asimetris”, seperti dalam BaTiO3 dan PZTs. Kepadatan dipol atau polarisasi dapat dengan mudah dihitung pada kristal dengan menjumlahkan momen dipol per volume unit sel satuan kristal. Dipol  yang deket satu sama lain akan cenderung berpihak di daerah yang disebut dengan daerah Weiss Domain. Domain biasanya berorientasi acak, tetapi dapat disejajarkan dengan cara proses poling dimana medan listrik yang kuat akan diterapkan pada bahan bertemperatur tinggi
Aplikasi Piezoelektrik
Piezoelektrik memiliki berbagai aplikasi dalam bermacam-macam alat, namun aplikasi piezoelektrik dapat disimpulkan menjadi dua fungsi besar yaitu sebagai sensor dan sebagai sumber energi. Sebagai sensor piezoelektrik dapat digunakan karena memang sifat piezoelektrik yang dapat mendeteksi tekanan dalam berbagai varian. Sedangkan sebagai sumber energi piezoelektrik biasanya digunakan dalam keramaian yang mana hal ini bertujuan memanfaatkan tekanan dari langkah kaki banyak orang.

A. Sensor
1.) Mikrofon Piezoelektrik untuk gitar akustik elektrik
2.) Sonochemistry, perawatan medis, industri pengolahan memanfaatkan pemantulan daya pada aplikasi daya tinggi
3.) Microbalances Piezoelectric, sebagai sensor biologis dan bahan kimia yang sangat sensitif
4.) Sebagai instrumen penetrometer pada Huygens Probe
5.) Sistem manajemen mesin otomotif menggunakan piezoelectric untuk mendeteksi detonasi pada mesin (Knock Sensor)dan juga digunakan dalam sistem injeksi bahan bakar untuk mengukur tekanan absolut berjenis (MAP sensor) untuk menentukan beban mesin
6.) Sensor piezo ultrasonik digunakan dalam deteksi emisi akustik dalam pengujian emisi akustik.
7.) Piezoelectric digunakan dalam drum pads elektronik untuk mendeteksi dampak dari tongkat drummer, dan untuk mendeteksi gerakan otot di acceleromyography medis.

B. Sumber energi
Karena memanfatkan tekanan untuk menghasilkan listrik, maka piezoelektrik begitu dicari untuk dikembangkan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan. Teknologi piezoelektrik sebagai sumber energi sudah banyak kita ketahui dan penerapannya dilakukan pada tempat yang sering dilewati oleh manusia karena lebih efektif untuk mendapatkan listrik dalam skala yang besar. Misalnya, piezoelektrik pada eskalator, pada “polisi tidur”, pada tangga gedung, dan sebagainya. Piezoelektrik menjadi sumber energi yang sangat menarik karena selain ramah lingkungan, piezoelektrik hanya membutuhkan tekanan yang berulang untuk mendapatkan listrik. Namun, ada kelemahan pada piezoelektrik yaitu hanya menghasilkan daya yang kecil dalam aplikasinya serta material dari piezoelektrik yang masih mahal.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar