Minggu, 05 November 2017

SKEMA PABRIK GULA PASIR  

Pada pabrik gula atau industri gula bukanlah pembuat gula “sukrosa”, tetapi tugas utama dari pabrik gula adalah memisahkan sukrosa dari bermacam-macam bahan dalam tanaman tebu serta mencegah kehilangan kandungan sukrosa di dalam tanaman tebu. Sukrosa disintesis oleh proses alam di dalam tanaman tebu.  Gula merupakan senyawa organik hasil fotosintesa :
6 CO2 + 6 H2O + kalori   --->    C6H12O6 + 6 O2

Tebu merupakan bahan baku pada pabrik gula, oleh karena itu ada beberapa syarat tebu yang baik yang diganakan dalam industri gula:
1.      Kadar sukrosa tinggi
2.      Tebu cukup umur
3.      Tebu yang digunakan harus bersih dari trash (kotoran, daun kering, sogolan, pucuk,dll) maksimal 5% tebu
4.      Waktu tunggu tebu dari ditebang hingga proses penggilingan maksimal 48 jam

PENGARUH UMUR TEBU DENGAN KADAR SUKROSA
 








Semakin tua umur tebu, semakin tinggi kadar sukrosaanya.
Cara menghindari kerusakan sukrosa pada tanaman tebu, maka dapa dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
1.      Pada saat penyimpanan tebu setelah ditebang harus diberi naungan, sehingga terhindar dari matahari langsung dan terhindar dari  tebu dapat layu dan kandungan sukrosa berkurang.
2.      Tebu FIFO (First In First Out) tebu yang  masuk pertama harus diproses pertama dan keluar pertama
3.      Pada proses penebangan tebu harus dilakukan dengan bersih (tidak ada tebu yang bercecer dijalan, batang tebu yang tertinggal dikebun sedikit, dan lail lain). Penebangan yang tidak bersih mengakibatkan turunnya hasil kristal (rendemen), naiknya kotoran yang terlarut didalam nira, dan naiknya kadar koloid didalam nira.
 











               
FLOW SHEET RAW SUGAR FACTORY
 








IMAGE0008BAHAN BAHAN YANG DIHASILKAN DALAM INDUSTRI GULA

sugar03a





Kandungan dalam Tebu
                                




Proses Peggilingan
extrdiag                                                         
 


                                                                               
                                    

                                             
Pada proses Penggilingan, tebu dimasukan kedalam mesin penggilingan dan hasilnya berupa nira mentah dan ampas dari tebu. Untuk kandungan lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar diatas.



Proses Pemurnian Nira
 









Pada proses pemurnian nira, nira mentah dialirkan kedalam tangki dengan ditambahkan beberapa bahan yaitu susu kapur dan air yang berfungsi untuk membantu proses pengendapan sehingga kotoran yang masih terdapat dalam nira mentah dapat dipisahkan. Hasil dari proses ini adalah nira encer yang digunakan untuk proses selanjutnya dan hasil saping berupa blotong.

Proses  Evaporasi
evapor8 







Pada  proses evaporasi nira encer dimasukan kedalam proses evaporasi agar dihasilka nira kental. Proses evaporasi adalah  proses perubahan molekuk didalam keadaan cair dengan spontan menjadi gas dengan tujuan untuk mengurangi kandungan ir didala nira encer.


Proses Centrifugal
affinate
 









Pada proses centrifugal, nira kental dimasukan kedalam alat centrifugal yang bertujuan untuk memisahkan kristal dengan larutannya. Menggunakan proses centrifugal dalam saringan yang embut sehingga larutan akan keluar dan kristal gula akan mengumpul didalam basket. Sehingga pada proses ini dihasilkan kristal gula.


Semoga artikel ini dapat dapar bermanfaat J
#YesWeCan



0 komentar:

Posting Komentar