Sabtu, 19 Mei 2018






Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia (HMPTK) Universitas Negeri Semarang pada hari Sabtu, 31 April 2018 bertempat di Mangunharjo, Mangkang Wetan telah melaksanakan kegiatan Mangrove Replant 5. Mangrove Replant merupakan serangkaian kegiatan dari April Peduli dan sudah menjadi acara tahunan HMPTK yang memasuki tahun ke 5. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan khususnya didaerah pesisir pantai.

Dalam pembukaan acara Mangrove Replant sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia, Restu Kusumawardani  dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Bapak Wirawan Sumbodo, S.T., M.T. yang sekaligus membuka acara Mangrove Replant 5. Pembukaan diadakan di depan Gedung E1 Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dalam sambutannya Bapak Wirawan Sumbodo dengan bangga berkata “Saya sangat mendukung terselenggaranya acara ini karena dengan acara ini selain mendapat pelajaran tentang cara menanam mangrove tapi juga sebagai refreshing setelah masa perkuliahan, semoga Teknik Kimia selalu menyelenggarakan acara yang berkualitas dan mendidik seperti ini setiap tahunnya.” Acara Mangrove Replant tahun ini diikuti oleh 130 peserta terdiri dari Fungsionaris HMPTK, delegasi LK/BSO, mahasiswa umum dari berbagai Fakultas yang ada di UNNES dan delegasi dari UNWAHAS & UNDIP . Jumlah bibit yang ditanam pada acara Mangrove Replant tahun ini sejumlah 4500 bibit, selain menanam mangrove di pesisir pantai  ada lomba caption paling menarik dengan mengupload twibbon di Instagram yang diikuti oleh seluruh peserta.

Perjalanan dari Universitas Negeri Semarang menuju titik kumpul menggunakan 3 buah truk brimob dan sepeda motor bagi panitia. Perjalanan dari Universitas Negeri Semarang menuju titik kumpul membutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam, setelah itu semua peserta beserta panitia berjalan bersama menuju pesisir pantai untuk menanam mangrove. Perjalanan menuju tempat penanaman diiringi dengan panas matahari yang cukup terik, namun panas matahari tidak mematahkan semangat peserta menuju lokasi penanaman. Sesampainya di pesisir pantai semua peserta diberikan pengarahan oleh Bapak Sururi selaku Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari tentang bagaimana tata cara menanam mangrove yang benar, setelah itu setiap peserta melakukan estafet bibit mangrove ke lokasi penanaman.


Suka cita sekaligus rasa lelah terpancar dari wajah para peserta saat tiba di Universitas Negeri Semarang lagi untuk melakukan acara penutupan. Acara Mangrove Replant berjalan lancar hingga penutupan yang dilakukan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, pada acara penutupan diumumkan pemenang dari lomba caption twibbon yang dimenangkan oleh Muttaqin Haqiqi dari Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang. Acara Mangrove Replant ini bekerja sama dengan Dinas Kelautan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah, PT. Djarum Oasis, dan Media Partner dari Anak Unnes dan Berita Kampus. “Pesan dan kesan saya untuk acara ini, acaranya seru dan bermanfaat.” Ujar salah satu delegasi dari UNDIP. Ketua Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia, Naufal Mudrik Mezaki berharap semoga acara Mangrove Replant dapat terlaksana di tahun-tahun berikutnya dan lebih baik dari tahun ini.

Salam Teknik Kimia, Yes We Can! Dan salam Konservasi


0 komentar:

Posting Komentar