Sabtu, 15 September 2018




Workshop PKM 5 Bidang, telah diadakan pada hari Sabtu, 8 September 2018 pukul 08.00-12.00 WIB. Acara ini diikuti oleh 85 mahasiswa Teknik Kimia dan berlangsung di Ruang Prof. Soedartono, Gedung Dekanat, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Workshop PKM 5 Bidang adalah acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang dengan pembicara yang ahli di bidangnya. Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan menumbuhkan minat mahasiswa baru Teknik Kimia dalam membuat PKM.
Workshop PKM 5 Bidang pada kali ini mengusung tema “Find Idea, Create Your Creation” dengan mengudang dua pembicara. Pembicara pertama adalah Bayu Triwibowo, S.T., M.T. Beliau merupakan Reviewer PKM UNNES sekaligus ketua dari Keilmiahan Fakultas Teknik. Kemudian pembicara kedua adalah Mohammad Nasrul Baharsyah. Beliau merupakan merupakan mahasiswa UNNES Jurusan Pendidikan Geografi dan peraih medali emas pada PIMNAS tahun 2017.
Acara ini dibuka oleh Radenrara Dewi Artanti Putri, S.T., M.T selaku Pembina Himpunan Mahsiswa Profesi Teknik Kimia yang sekaligus membuka acara. Selaku moderator pada acara ini adalah Rendy Okta Loveyanto, beliau adalah mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Acara Workshop PKM 5 Bidang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Acara ini berlangsung secara interaktif dan sangat menarik. Peserta sangat antususias dalam mengikuti acara ini. Dalam acara Workshop PKM 5 Bidang ini, Bapak Bayu Triwibowo S.T., M.T selaku pembicara pertama memberikan informasi tentang bagaimana metode penulisan PKM yang benar dan juga menarik, selain itu beliau juga memberikan tips agar PKM yang kita buat dapat lolos ke PIMNAS. Beliau berhasil menumbuhkan ketertarikan kepada mahasiswa untuk memulai membuat PKM. Terbukti saat sesi pertanyaan, mahasiswa antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada pembicara satu ini. Dalam Workshop PKM 5 bidang ini Mohammad Nasrul Baharsyah selaku pembicara kedua, membagikan pengalamannya saat di PIMNAS 2017, beliau juga memberikan tips kepada peserta bagaimana caranya membuat judul PKM yang berbau PIMNAS. Selain itu beliau juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mereview judul PKM yang telah mereka buat. Beliau berhasil membuat peserta menjadi tertarik untuk lolos ke PIMNAS terbukti saat sesi tanya jawab dan juga sesi review judul PKM, peserta sangat antusias dalam mengikuti kedua sesi tersebut.  Acara ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada Bapak Bayu Triwibowo S.T., M.T dan Mohammad Nasrul Baharsyah oleh Ardi Nugroho selaku Wakil Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia dan Muhammad Salman Alfarisi selaku Ketua Panitia acara Workshop PKM 5 Bidang.

0 komentar:

Posting Komentar