Rabu, 24 Oktober 2018




Tim Smarttrons kembali mengibarkan bendera Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES) di ajang 13th ChemCar Competition di Jerman. Acara ini berlangsung pada 10-13 September 2018. Tim ChemCar UNNES merupakan wakil Indonesia dan Asia di kompetisi tersebut. Sejauh ini hanya 2 tim perwakilan Indonesia yang lolos pada kompetisi ini yaitu tim dari ITS pada tahun 2011 dan tim dari UNNES pada tahun ini.
Kompetisi ini diadakan oleh DECHEMA dan VDI yang merupakan persatuan insinyur Jerman sekaligus  lembaga penyedia data bagi industri di dunia. Tim ChemCar UNNES dibimbing oleh dosen Teknik Kimia, Dhoni Hartanto, S.T., M.T., M.Sc. Tim ini beranggotakan empat mahasiswa yaitu:
1. Waliyuddin Sammadikun sebagai ketua tim.
2. Purbo Tri Prakoso sebagai electrical engineer.
3. Deni Tri Wahyudi sebagai mechanical engineer.
4. Hanifah Nur Aini sebagai reaction and laboratory manager.

Sebanyak 7 tim berkompetisi pada tahap final yaitu tim dari Jerman, Polandia dan Indonesia. Tahap final ini berlangsung selama 2 hari. Acara perlombaan pada hari pertama yaitu presentasi poster untuk menjelaskan konsep mobil, power source and stopping mechanism, konstruksi mobil, proses pembuatan, harga komponen mobil, dan pengalaman mengesankan ketika pembuatan mobil. Tim Smarttrons mampu mempresentasikan poster dengan baik dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh juri. Acara perlombaan pada hari kedua adalah safety discussion dan race. Pada kegiatan safety discussion, tiap mobil dievaluasi oleh safety engineer dari Inburex. Juri untuk lomba ini berasal dari profesor dan insinyur dari perusahaan terkemuka dengan jumlah sekitar 10 juri. Tim Smarttrons mendapat urutan ke-6 pada saat race ini. Dari dua kali percobaan mobil dapat berjalan di lintasan. Hasil akhir yang diraih tim Smarttrons adalah menduduki peringkat ke-7.

Tim Smarttrons UNNES mendapatkan penghargaan sebagai satu-satunya tim yang mampu mempublikasikan karya mobilnya di Jurnal Internasional Bereputasi serta tim dengan low-cost car (memanfaatkan barang-barang bekas) yang dapat lolos seleksi ketat dan memenuhi standar konsep dan safety yang tinggi dari Panitia yaitu Dechema serta VDI. Tim ini juga mendapatkan kehormatan sebagai invited conference participant sebagai bentuk reward dari panitia.

Dekan FT Dr. Nur Qudus beserta jajaran pengelola Fakultas Teknik dan Jurusan Teknik Kimia, mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih tim Smarttrons FT UNNES. Tim Smarttrons ini merupakan kebanggaan Teknik Kimia walaupun baru berumur sekitar satu tahun namun telah banyak prestasi yang ditorehkan di ajang Nasional maupun Internasional. Pencapaian kali ini menjadi bukti bahwa siapapun, dalam kondisi apapun, dan dimanapun tetap mempunyai kesempatan untuk belajar, bersaing, dan berprestasi. Semoga dapat menginspirasi seluruh sivitas akademika UNNES dan mahasiswa di Indonesia untuk terus berprestasi dan berlomba-lomba dalam menjunjung tinggi nama baik Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang..


0 komentar:

Posting Komentar