Minggu, 23 Desember 2018

Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Kimia (HMPTK) Universitas Negeri Semarang, telah melaksanakan salah satu kegiatan Desa Binaan pada tanggal 22 April-20 Mei 2018 bertempat di Desa Ngelosari Rt 01/ Rw 04, Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Desa Binaan merupakan serangkaian kegiatan dari April Peduli yang sudah menjadi acara tahunan HMPTK yang memasuki tahin ke 2. Desa Binaan pada tahun 2018 mengusung tema “Berkarya dan Mengabdi untuk Mewujudkan Masyarakat Madani”. Acara ini adalah salah satu bukti nyata adanya peran mahasiswa untuk mewujudkan salah satu pilar dalam  Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu dalam bidang pengabdian masyarakat, dengan adanya acara ini, diharapkan akan terbentuk suatu desa yang yang mandiri,, dan melatih masyarakat di Desa Ngelosari, Kelurahan Sadeng menjadi masyarakat madani yang mampu menciptakan dan mampu untuk mengembangkan suatu potensi yang ada di desa tersebut untuk menjadi suatu produk unggulan yang dikenal luas oleh masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian warga di desa tersebut.

Dalam acara Desa Binaan sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia, Devinda Rahmadhani dan Lurah di Kelurahan Sadeng Bapak Siswanto yang sekaligus membuka acara Desa Binaan. Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 22 April 2018 bertempat di salah satu rumah warga di Desa Ngelosari. Dalam sambutannya Bapak Siswanto dengan bangga berkata “Saya sangan mendukung terselenggaranya acara ini, dengan adanya acara ini diharapkan mampu mengembangkan salah satu  potensi yang ada di Kelurahan Sadeng yaitu singkong menjadi suatu produk unggulan yang bermanfaat dan dapat mendukung rencana dari perangkat desa yang akan menjadikan Kelurahan Sadeng sebagai kampung tematik dan desa wisata”. Acara Desa Binaan tahun 2018 diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari ibu-ibu PKK, remaja, serta anak-anak yang ada di Kelurahan Sadeng dan ada 10 orang volunteer dari mahasiswa umum Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang, serta HMPTK bekerjasama dengan Badan Seni Otonom yaitu MARCH (Marketing Club On Teaching) Unnes dalam hal pemasaran produk yang dihasilkan dari serangkaian kegiatan Desa Binaan. Serangkaian kegiatan yang diadakan adalah pelatihan pembuatan oleh-oleh khas Sadeng, sosialisasi tentang narkoba dan bullying yang ditujukan untuk anak SMP, serta pesantren kilat dan buka bersama yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan sekaligus menjadi penutup dari acara Desa Binaan 2018.

Kegiatan Desa Binaan diadakan selama 3 minggu berturut-turut, diawali dengan pembukaan acara dan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan nugget singkong dan pengisian materi oleh MARCH Unnes tentang strategi pemasaran produk untuk bersaing di dunia luar, yang diikuti oleh 30 ibu-ibu PKK di Desa Ngelosari. Pada minggu kedua, kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyuluhan narkoba dan bullying yang disampaikan oleh perwakilan dari Gannas Annar Jawa Tengah dan mahasiswa Jurusan Psikologi Unnes. Serta diadakan juga kegiatan pelatihan pembuatan gelang berbahan benang rajut dan pembuatan kerajinan gantungan kunci dari bahan resin. Sedangkan pada minggu ketiga diadakan kegiatan pelatihan pembuatan souvenir gelang dengan bahan tali kur, dan acara penutupan kegiatan desa binaan bersama warga terutama ibu-ibu dan anak-anak. Acara penutupan meliputi kegiatan bermain dan belajar bersama anak-anak TPQ dan buka bersama.

0 komentar:

Posting Komentar