Minggu, 16 Juni 2019


Press Release Dua Mahasiswa Teknik Kimia Laksanakan International Collaboration



Semarang (14/06/2019). Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Melepas dua mahasiswa Teknik Kimia yang akan melaksanakan penelitian dan pengambilan data sebagai bentuk implementasi dari international Research collaboration di Universiti Teknologi Malaysia, Johor Bahru. Kedua mahasiswa tersebut adalah Kuat Noviana dan Chika Agnes Palupi mahasiswa angkatan 2016 yang merupakan mahasiswa bimbingan penelitian dari Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas, S.T., M.T.. International Research Collaboration merupakan salah satu inovasi dan pengembangan akademik yang diwujudkan dalam payung penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa. Adapun proyek yang memayungi kegiatan tersebut adalah penelitian dasar (Kompetitif Nasional) yang didanai oleh DRPM Kemenristekdikti yang diusulkan oleh Dr. Ratna Dewi Kusumaningtyas, S.T.,M.T., dan Haniif Prasetiawan, S.T., M.Eng yang melibatkan Assoc. Prof. Dr. Zainul Akmar Zakaria dari Universiti Teknologi Malaysia dan Prof. Dr. G. Baskar dari St. Joseph’s Collage of Engineering sebagai mitra kerja sama. Penelitian tersebut berjudul “ Microwave Assisted Pyrolysis (MAP) Limbah Biomassa untuk Pembuatan Green Fuel Bio-Hidrogen dan Adsorben Penyimpan Bahan Bakar Gas. Hal ini merupakan pengembangan kerja sama antara Universiti Teknologi Malaysia, St. Joseph’s Collage of engineering, dan PT. Perkebunan nusantara XI.
Penelitian awal telah dilaksanakan di laboratorium Teknik Kimia UNNES yang selanjutnya di lakukan penyempurnaan di Universiti Teknologi Malaysia. Adapun pihak india memberikan fasilitas melalui skema dana riset ASEAN-India Collaborative Research and Development.
Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 15 Juni 2019 sampai dengan 14 juli 2019. Selama di Universiti Teknologi malaysia kedua mahasiswa tersebut menitikberatkan penelitiannya pada karakteristik bio-char yang dihasilkan dari pirolisis tempurung kelapa melalui Microwave Assisted Pyrolysis. Diharapkan dengan dikirimnya kedua mahasiswa tersebut selain dapat mengambil data penelitian dan menambah pengalaman juga dapat mempererat hubungan kerjasama anatara UNNES dan Universiti Teknologi Malaysia.





Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar